Sabtu, 03 Maret 2012

ISLAM ALTERNATIF, Jalaludin Rakhmat

Title: Islam Alternatif

Writer:Jalaludin Rakhmat
Publisher: Mizan
Edition: 1991
Pages: 296
Dimension: 21 x 14,5x 1cm
Cover:Paperback
Language: Indonesia
Category: For Sale/Rent
Price: Rp. 75.000,-
Call No.: 130/Rak/i/C.1
Status: Ada/Available

***
Islam, sebagai agama, sudah tentu bersifat pribadi dan ritual. Tapi, berbeda dengan yang lainnya, ia juga bersifat sosial dan intelektual. Dibanding yang disebut terdahulu, dua aspek yang disebut kemudian terasa sempat kehilangan penekanan pada beberapa abad belakangan dalam sejarah perkembangannya. Padahal, dalam bentuk asalnya, justru sebaliknyalah yang terjadi--agama ini lebih bersifat sosial dan intelektual ketimbang bersifat pribadi dan ritual.

Islam alternatif berupaya menampilkan kembali kedua sisi Islam tersebut di tengah-tengah keasyikan ritual para penganutnya, sekaligus menyodorkannya sebagai alternatif bagi sistem-sistem atau konsepsi-konsepsi kehidupan "sekular" zaman ini. Lebih dari itu, kumpulan ceramah di kampus ini juga memuat--dalam semangat wahdah Islamiah--studi pintas atas mahzab syiah, yang dilakukan oleh penulisnya.

"betapa banyak umat islam disibukkan dengan ritual ibadah mahdhah, tetapi mereka mengabaikan kemiskinan, kebodohan, penyakit, kelaparan, kesengsaraan dan kesulitan hidup yang diderita saudara2 mereka. Betapa banyak orang kaya islam yang dengan khusuk meratakan dahinya di atas sajadah, sementara di sekitarnya tubuh-tubuh layu di gerogoti penyakit dan kekurangan gizi. Kita kerap melihat jutaan uang dihabiskan untuk upacara2 keagamaan, di saat ribuan anak di sudut-sudut negeri ini tidak dapat melanjutkan sekolah, jutaan uang dihamburkan untuk membangun rumah ibadah yang megah, di saat ribuan orang tua masih harus menanggung beban mencari sesuap nasi. jutaan uang dipakai untuk naik haji dan umrah berulangkali, di saat ribuan orang sakit menggelepar menunggu maut karena tidak sanggup membayar biaya rumah sakit
......Secara ekstrinsik mereka beragama tetapi secara intrinsik mereka tidak beragama...........

Tidak ada komentar:

Islam Mosque