Sabtu, 05 Juli 2008

" A R T I S A H A B A T ...."

“ Tak mudah untuk kita
Hadapi perbedaan yang berartiTak mudah untuk kitaHadapi rintangan silih bergantiKau masih berdiri, kita masih disiniTunjukkan pada duniaArti sahabatKau teman sehati, kita teman sejatiHadapilah dunia, genggam tanganku…Kau adalah tempatku membagi kisahkuKau sempurna jadi bagian hidupkuApapun kekuranganmu….”

Kalau grup band nidji mampu mengejawantahkan arti sahabat dalam sebuah lirik lagu, bagaimana dengan kita? Pernahkah terbersit dalam benak kita apa arti ‘sahabat’ bagi kita? Kata sahabat adalah sebuah kata yang menandakan bahwa manusia adalah makhluk social, namun demikian besar arti sebuah persahabatan sehingga membuatnya begitu berarti.Kadang susah menilai suatu arti persahabatan, apakah sahabat itu saling memberi dan menerima? Apakah sahabat itu cuman pas lagi kesusahan baru bilang sahabat? Apakah sahabat itu rasa saling memiliki satu antar lainnya? Atau ada yang lain? Terkadang sahabat dapat membuat hari-hari yang kita lalui benar-benar indah dan memiliki banyak cerita, namun kadang juga sahabat membuat kenangan terburuk untuk kita sepanjang hidup.
Apa sich sebenarnya perbedaan antara teman dan sahabat, teman adalah seseorang yang kita kenal dan seseorang yang bisa kita jumpai, seseorang yang namanya kita ketahui, yang kita lihat berkali-kali, yang dengannya mungkin kita memiliki persamaan dan yang disekitarnya kita merasa nyaman. Namun mereka adalah orang yang dengannya kita tidak akan membagi hidup, tindakan-tindakannya kadang kita tidak mengerti karena kita tidak cukup tahu tentang mereka…! Mencari teman itu mudah bahkan sangat mudah..
Sahabat…??? Sebuah persahabatan sangat bermakna dalam hidupku, aku bisa mengerti arti sahabat dari seseorang yang telah pergi dari kehidupanku...! buat aku sahabat ibarat ‘mata dan tangan’ disaat mata menangis tangan membantu menghapus air mata, dan disaat tangan terluka mata akan menangis. Persahabatan tidak terjalin secara otomatis tapi memerlukan proses yang cukup panjang. Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan waktu yang cukup lama dan usaha dari kesetiaan, bukan disaat kita membutuhkan bantuan barulah kitamemiliki motivasi mencari perhatian. Seorang sahabat dapat mengisi kekosongan di hati kita, membuat hari yang kita lalui menjadi indah, dapat membuat kita lebih berarti, dapat memberi kepada kita arahan serta dorongan disaat orang lain menertawakan kita. Sahabat itu orang yang dengan kelapangan hatinya bisa mengerti kita, dengan keterbukaan tangannya bisa menerima kita apa adanya tanpa pernah berusaha mempengaruhi apalagi mengubah keadaan kita.
Persahabatan itu indah, kasih sayang seorang sahabat dapat menggantikan di saat jauh dari pelukan ayah dan ibu, kasih saying seorang sahabat dapat dijadikan obat disaat kita menangis, sedih dan bersandar. Tidak mudah untuk mendapatkan sahabat sejati, benar-benar bersahabat dengan hati yang tulus dan ikhlas dapat mencari arti persahabatan sejati. Sahabat sejati lahir dari kebersamaan tumbuh dengan kejujuran berjalan dengan kepercayaan dewasa tanpa keegoisan matang lewat pengorbanan dan ketika jauh berbuah kerinduan..

Tidak ada komentar:

Islam Mosque